Deddy Corbuzier: Mentalis ataukah Tukang Ramal?? (Bagian 2)

Posted: April 17, 2009 in Kritik Pedas

Telah saya tunjukkan pada Bagian 1 bahwa si Deddy Corbuzier akan sangat sibuk dengan program ramalannya. Dengan 1000 orang pelanggan saja dia harus membuat dan mengirimkan sedikitnya 1 SMS ramalan per menit… Eits.. Tapi tunggu dulu. Itu dengan asumsi bahwa si Deddy memiliki waktu luang untuk membuat ramalan sebanyak 16 jam sehari. Padahal kita tahu bahwa si Deddy adalah orang yang sibuk. Mengisi acara ini dan itu. Di RCTI dia juga menjadi juri untuk ajang pencarian bakat magic dan mentalisme, atau apalah namanya itu. Sepertinya mustahil waktu luang yang dimilikinya 16 jam. Mungkin waktu luang si Deddy sebenarnya hanya 12 jam, 8 jam, 6 jam, atau bahkan cuma 3 jam.

Tabel berikut menunjukkan berapa jumlah SMS ramalan yang harus dibuat oleh si Deddy dengan mempertimbangkan kemungkinan jumlah pelanggan dan kemungkinan waktu luang yang dimilikinya.

copy-of-dc-23

Anda lihat??? Apa yang bisa kita simpulkan???

Yang bisa disimpulkan adalah mustahil si Deddy membuat sendiri ramalan untuk para pelanggannya. Dan dengan demikian, janji bahwa setiap pelanggan akan menerima ramalan yang berbeda satu sama lain juga Non Sense !!! Paling-paling bedanya hanya titik, koma, tanda seru, atau isi ramalan yang tidak substansial.

Kalau si Deddy mustahil membuat ramalan untuk seluruh pelanggannya, lantas siapa yang membuat ramalan tersebut? Jawabnya adalah Komputer dan Algoritma yang disematkan di dalamnya. Mungkin si Deddy memiliki andil dalam ramalan yang dihasilkan oleh si Komputer. Andil si Deddy adalah menciptakan basis algoritma yang nantinya akan dijalankan oleh si Komputer. Hanya sebatas itu !!!

Si Deddy hanya menciptakan basis algoritmanya saja. Hanya itu… Hanya itu saja !!! Mustahil si Deddy menciptakan algoritma itu sendiri, apalagi sampai menciptakan bahasa pemrograman yang diturunkan dari algoritma tersebut. Saya berani bertaruh untuk hal ini. Karena saya yakin betul, bahwa meskipun si Deddy merupakan seorang mentalis yang handal, mustahil dia memahami ilmu logika matematika yang dengannya algoritma itu dibuat. Mustahil pula dia memahami ilmu informatika atau bahasa pemrograman yang dengannya software dibuat…

Saya akui Si Deddy memang seorang mentalis. Tapi mustahil dia juga seorang matematikawan sekaligus ahli pemrograman. Mustahil…

Jadi sekali lagi, Andil si Deddy hanyalah menciptakan Basis Algoritma… Sekali lagi, hanya sekedar Basis Algoritma-nya saja.

Basis Algoritma itu lalu dibuat menjadi Algoritma oleh seorang ahli (matematikawan, atau programmer mungkin). Lebih lanjut, algoritmanya di-transformasi-kan menjadi bahasa pemrograman oleh ahli informatika atau programmer. Dan hasilnya adalah software ramalan…

So, apakah kita termakan dengan iklan ramalan si Deddy??? Ramalan yang dikirimkan melalui SMS tersebut hanyalah dihasilkan oleh komputer. Bagaimana mungkin kita mempercayai ramalan yang di-generate oleh komputer? Mungkin ada yang akan beralasan bahwa ramalan memang di-generate oleh komputer, namun basis algoritmanya khan dari si Deddy Corbuzier. Jadi, boleh jadi ramalan tersebut benar…

Mari saya tunjukkan contoh yang menunjukkan bahwa hal tersebut salah. Contoh berikut juga menunjukkan bahwa semua hal mengenai ramal-meramal oleh paranormal juga mustahil untuk dipercaya:

Anda tentu sering melihat ramalan cuaca. Ramalan cuaca juga di-generate komputer berdasarkan basis algoritma yang dibuat oleh ahli cuaca. Berdasarkan algoritma dan software yang ada, Komputer akan mensimulasikan cuaca beberapa hari ke depan. Input yang dibutuhkan adalah data-data dari satelit. Saya tidak tahu pasti apa saja data-data tersebut. Tapi saya yakin, data-data tersebut cukup banyak, meliputi data arah angin saat ini di berbagai wilayah, data temperatur saat ini di berbagai wilayah, kelembaban berbagai wilayah, dan lain-lain.

Yang menarik adalah bahwa meskipun data yang diinput sangat banyak, dan meskipun algoritma serta software-nya sangat handal, ramalan cuaca hanya akurat untuk beberapa hari ke depan. Mustahil menghasilkan ramalan cuaca yang akurat hingga satu bulan ke depan. Mustahil !!! Hal ini karena cuaca merupakan suatu sistem yang Chaotis. Dan seperti Cuaca, hidup kita juga bersifat sangat Chaotis (saya berjanji, insyaAllah, akan membuat tulisan yang menunjukkan bahwa dalam banyak hal, hidup kita bersifat Chaotis)

Kalau mustahil meramalkan cuaca satu bulan ke depan meskipun data yang diinput sangat banyak, apa lah lagi meramalkan hidup kita hanya dengan data berupa No. HP atau tanggal lahir, atau nama lengkap????? Bagaimana bisa hidup kita diramalkan hanya dengan data yang miskin informasi tersebut. (No. HP, tanggal lahir, zodiak, dan nama lengkap bagi saya sangat miskin informasi !!!). Mustahil memprediksi perilaku, sifat, apalagi nasib dan peruntungan seseorang hanya berdasarkan data-data yang sangat miskin informasi.

Jadi, sungguh sangat tidak masuk akal bila ada yang percaya mengenai ramal-meramal. Ramalan yang diberikan oleh seorang paranormal saja sangat naif untuk dipercaya; apalagi ramalan seorang Deddy Corbuzier sang mentalis ,  yang jelas-jelas bukan paranormal.

— Bersambung ke Bagian 3 (Bagian Terakhir)

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s