So Long My Friend… Selamat Tinggal Jenggot…

Posted: June 23, 2009 in Kritik Pedas
Tags: ,

Hari ini aku potong jenggotku. Bagiku, jenggot adalah salah satu cara mengikuti sunnah nabi. Karena nabi pernah bersabda agar sebagai muslim kita harus membedakan ciri-ciri fisik dari Orang Yahudi. Secara literal dalam bahasa Hadits, memelihara jenggot adalah salah satu cara untuk membedakan penampilan fisik Muslim dengan Yahudi.

Ada beberapa tulisan (Di antaranya Yusuf Qaradhawi kalau tidak salah) yang menyatakan bahwa, esensi dari hadits tersebut bukan pada jenggotnya. Akan tetapi pada "pembedaan" penampilan fisik Muslim dari orang-orang Yahudi. Artinya, kalau Yahudi tidak memelihara jenggot, muslim harus memelihara jenggot. Namun, bila ternyata pada suatu zaman nanti ternyata Yahudi memelihara jenggot, maka kita harus membedakan diri kita dari mereka dengan TIDAK memelihara jenggot.

Aku tidak mau berdebat dan berargumentasi dalam hal penafsiran hadits tersebut. Faktanya, sampai sekarang, banyak aktivis muslim yang memelihara jenggot. Dan – menurut persepsiku pribadi – jenggot merupakan suatu simbol bagi kebanyakan muslim yang taat… Simbol ketaatan. Simbol indentitas.. Hampir mirip dengan jilbab bagi muslimah… Aku bilang, hampir mirip… Cuma "Hampir"…

Aku pun secara pribadi memiliki pandangan yang sama dengan kebanyakan mereka. Bahwa jenggot adalah suatu simbol identitas muslim yang taat…. Dan sayangnya karena itu pula lah akhirnya aku putuskan untuk memotong jenggot ini.

Sebenarnya ini bukan lah pertama kali aku mencukur habis jenggotku. Dulu aku pun pernah melakukannya, yaitu ketika tingkat akhir kuliah, menjelang Presentasi Penelitian / Tugas Akhir.

Apa alasanku mencukur habis jenggotku????
Sederhana saja… Ia tampak menjadi beban bagiku.
Aku bukanlah seorang muslim yang baik. Banyak kewajiban yang aku kerjakan sekenanya, sekedar menggugurkan kewajiban saja. Banyak maksiyat yang aku lakukan. Dan nyaris tidak ada hal sunnah yang aku lakukan.

Sering kali aku ditunjuk sebagai Imam sholat kalau sedang di Musholla. Padahal siapa aku?? Aku tidak lebih baik dari yang lainnya. Banyak maksiyat dan dosa yang tampak maupun yang tidak yang aku lakukan… Menurut "kacamata" pribadiku, orang lain jauh lebih pantas menjadi Imam dari pada diriku…

Orang-orang menganggapku baik dan taat beragama. Bahkan termasuk orang tuaku juga… Poor Them!!! Aku tidak lah sebaik yang orang kira. Aku hanyalah seperti kebanyakan manusia lainnya. Sama sekali tidak memiliki keistimewaan apa-apa dalam hal ketaatan beragama…. Sekedar melaksanakan yang wajib, untuk semata-mata menggugurkan kewajiban…

Maka rasanya, jenggot ini tidak pantas melekat di wajahku. Apalagi aku sudah menanggalkan status "Aktivis"-ku semenjak wisuda dari Kampus ITB tercinta. Tidak ada lagi ikatan. Tidak ada lagi yang harus aku pertimbangkan… Kalau ada yang protes, "Lho, kamu harus mengikuti sunnah nabi untuk membedakan diri dari Yahudi dengan memelihara Jenggot"…. Aku hanya akan memberikan jawaban sederhana saja: "There is no Jews Here, anyway"….

Maka, Selamat Tinggal Jenggot. entah kapan aku akan memeliharamu lagi… Waktu aku merasa siap kembali, aku rasa. Entah kapan itu….

Menumbuhkanmu hanya butuh waktu dua minggu saja (pertumbuhan kumis dan jenggotku cukup cepat)…
Tapi butuh waktu seumur hidup untuk menjadi muslim sempurna yang timbul dari kesan yang engkau bawa.

So Long My Friend !!! Selamat Tinggal Jenggotku…

Comments
  1. Maman says:

    Akhi orang yang merasa dirinya belum punya ilmu pasti akan berjuang mencari ilmu.kenapa antum tinggalkan ilmu itu?

    • thing2think says:

      Ini maman siapa ya? Jadi teringat temen satu kontrakan waktu masih kuliah dulu ^_^.. “Ilmu” di sini maksudnya apa ya? Kalo ilmu dalam artian general, saya masih koq mencari ilmu. Baca buku, ikut ceramah di kantor, dll… Tapi kalo “ilmu” yg dimaksud adalah pergerakan, well, Bukankah itu sebuah pilihan?? Mereka orang-orang baik. Dan orang baik selayaknya hanya bersama orang baik pula ^o^

Leave a Reply

