Fren Mobi EVDO… Hari Pertama

Posted: July 4, 2009 in Cipika-Cipiki
Tags: , , , ,

Hari ini aku membeli Modem Fren Mobi di PRJ dengan paket starter seharga Rp 499.000,-. Dapet Bonus 1 GB untuk pemakaian 1 bulan. Bila lebih dari itu, kena biaya tambahan Rp 0.25 /KB..

Sebenarnya waktu mau berangkat ke PRJ kepikiran untuk beli Paket internet EVDO-nya Smart. Tapi waktu aku test di booth-nya Smart, dapet speednya cuma 90 kbps untuk upload. (Downloanya lupa berapa). Aku coba untuk yg kedua kalinya, eh malah turun jadi 70 kbps. Sial,,, Akhirnya aku mikir2 lagi apakah jadi beli Modem Smart ato enggak. Secara harganya agak mahal. Rp 950.000,-. Dan juga aku sudah baca di banyak forum dari kemaren-kemaren bahwa smart sudah mulai lemot. Bahkan sangat lemot.

Yach, tadi aku berpikir bahwa tidak ada harapan lagi. Paket internetnya Indosat denger-denger sangat-sangat-sangat tidak reliable. Telkomsel lumayan kuat dan stabil sinyalnya, tapi paket-nya yang affordable buat aku kecepatannya cuma 256 kbps (Paket Basic Rp 125.000,-/bulan). Smart tadi udah aku buktikan sendiri lemot… Benar-benar tidak ada harapan tadi.

Akhirnya waktu sampe di booth-nya Fren. Awalnya sich kurang tertarik. Tapi pas ngecek kecepatannya untuk pertama kalinya sampai 900-an Kbps. Sekitar 1 jam kemudian aku cek lagi turun jadi 500-an Kbps. Sekitar 2 jam berikutnya aku test lagi, dapet 900-an kbps lagi. Terakhir, 15 menit berikutnya aku test dapet 700-an kbps… Yach, lumayan lah. Meskipun aku nggak yakin apakah satu dua bulan lagi kecepatannya bakal stabil segitu…

Mulanya ragu-ragu sich beli Fren ini. Secara paketnya gak ada yang unlimited. Ternyata setelah aku tanya2 ke Mas-nya, dia bilang ada koq unlimitednya. Tapi bonus yg 1 GB harus dihabisin dulu. Nanti baru bisa migrasi ke unlimited…

Yach, akhirnya memilih Fren. Meskipun was-was juga kalo-kalo kecepatannya bakal turun.. Tapi  gapapa lah. Gambling aja. Mudah-mudahan kecepatannya stabil segitu seterusnya.

Anyway, tulisan ini aku buat dari rumah menggunakan modem Fren tersebut. Pertama ngecek speed-nya dapetnya segini:

Hasil Test Pertama Di Rumah

Hasil Test Pertama Di Rumah

Lalu 2,5 jam kemudian coba lagi dapetnya segini:

Hasil Test Kedua di Rumah

Hasil Test Kedua di Rumah

Lalu, sekitar 30 menit kemudian test lagi dapetnya sekian:

Test Ketiga di Rumah

Test Ketiga di Rumah

Terakhir,  iseng cobain lagi sekitar 5 menit kemudian:

Test Keempat di Rumah

Test Keempat di Rumah

Turun terus ya???

Hmmm… jadi was-was lagi… Anyway, gpp lah.. Namanya juga gambling. Hehehhe. Mudah-mudahan ke depannya terus bisa dapet di atas 500 kbps.

Oh ya. Kali aja pembaca curious. Aku tinggal di bilangan Tebet. Sinyalnya kalo pas lagi kuat (=Test ke-1 s/d Test ke-3) dapet 3 bar. Kalo lagi lemah (=Test ke-4) dapetnya 2 bar. Skala maksimum = 4 bar. Alamat web untuk mengecek speed koneksi internet adalah:

http://www.speedtest.net

Demikian laporan hari pertama menggunakan MOBI Fren. Semoga membantu Anda-anda yang sedang bingung memilih Provider Internet (ISP).

Comments
  1. sugeng says:

    Semua gak bisa di pukul rata kenceng ato lemot karena tergantung dengan lokasi sekitar. Aku sendiri masih bertahan di cdma nya indosat meski gak kenceng2 banget (sekitar 130kbps donwload & 70kbps upload)) tapi dibanding dengan yang lain (gsm dan cdma) cuma dia doang yang sangat stabil. Lokasi ku Tabanan-Bali

    • deddy rm says:

      Yup betul sekali Bro. Tabanan mah belum dapet sinyal EVDO-nya MOBI. Scr baru Jabodetabek aja yg udah dapet. Hehehe.

      Kalo pake MOBI di Tabanan juga percuma. Dapet sinyalnya di Tabanan cuma CDMA2000 1x. Kecepatan max. cuma 153 kbps. Itupun maksimal. Aktualnya bisa jauh lebih rendah dari itu… Ya mending tetep bertahan di Indosat lah Boss.. ^_^

  2. Kus Andriadi says:

    asyik2…bisa lebih aktif ngeblog donk klo kaya gitu…hehehehe,,

    • deddy rm says:

      Sayangnya jatah 1 GB sudah habis. Belum sempat migrasi ke unlimited.
      Dan sayangnya juga, males banget bikin posting2 baru.
      Hehehhe

      • La Keho says:

        Kenapa harus repot migrasi ke unlimited bila bos bisa mendapatkan gratisan? Baca di http://boeng.blogdetik.com/?p=108 untuk lebih jelasnya.

      • deddy rm says:

        @ La Keho:
        Emang,,, Bangsa kita paling jago kalo urusan crack-mengcrack dan membobol sistem keamanan komputer, internet, dan kartu kredit… Hmmm.. Jangan2, ntar kalo udah banyak yg tahu trik gratis ini, MOBI jadi lambat kayak operator lain. Kudu siap2 pindah operator nich. Hehhehe

  3. jefry says:

    Mobi sialan….
    masa udah 1 minggu ini RTO mlulu…
    Gak bisa buka apa2….
    rugi gw pake unlimitednya…

    • deddy rm says:

      Masak sich?? Gw sempat baca di detik.com ada beberapa user yg komplain.
      Trus kmrn pagi ada temen gw juga yang juga komplain gara2 gak bisa buka apa2.
      Tapi siangnya udah bisa tuch.
      Gw sendiri semalem juga pake dan lancar2 aja.
      Hmmmm… Calling aja ke customes service-nya Boss. Kali aja mendapat tanggapan.

  4. akangsia says:

    Sinyal EVDO itu CDMA berapa kali boz…

    • thing2think says:

      EVDO itu setara 3.5G-nya GSM boss. Jadi gak pake istilah CDMA berapa kali lagi. Kecepatan Maksimum 3.1 Mbps (Tergantung paket yg kita ambil). Tapi jarang juga dapet kecepatan maksimum. Biasanya aku bisa stabil dapet setengahnya. Di tengah bobroknya layanan data Indosat & Telkomsel, MOBI jauh lebih bagus lah (Koq jadi promosu gini ya?? Hehehe).

  5. […] gambling-gamblingan, akhirnya aku beli juga tuch MoBi. Dan hasil hari pertamanya sangat memuaskan. Klik disini untuk melihat performa pada hari […]

  6. haris says:

    saya juga pake mobifren biasa awal2bulan sih kecepatannya lumayan 90 kbps tapi setelah akhir bulan kecepatannya turun drastis hanya 3-5 kbps malah pernah 0,1 kbps padahal sinyal bar penuh jadi nggak bisa buat apa2.Kapan ada internet kecepatan tinggi murah di indonesia ?

    • thing2think says:

      90 kbps atau 90 kB/s?? Beda lho. 90 kB/s = 720 kbps (1 kB/s = 8 kbps)… anyway, akhir bulan memang biasanya kecepatan turun, khan habis quota. Tapi kalo turunnya jadi 3-5 kB/s mah keterlaluan tuch. Komplain aja sama MoBi-nya… Saya beberapa waktu yg lalu mengalami juga. Lama malah, sampe satu bulan-an kecepatan gak lebih dari 10 kB/s. Tapi sekarang udah normal lagi tuch.

  7. rick says:

    kalo sekarang gimana bos? kenceng pa dah lemot??

    • thing2think says:

      Masih cepat Boss. Sayang ane gak sempat speedtest lagi. Nanti saya upate lagi dech. Tapi scr singkat, masih kenceng koq. Emang sich kadang2 dodol juga. Tapi masih cukup memuaskan lah menurut ane.

Leave a Reply

