Tontonlah 2012 Sebelum Ditarik dari Peredaran!

Posted: November 18, 2009 in Kritik Pedas, Movies & Music
Tags: , , ,

Saya heran dengan reaksi masyarakat terhadap film 2012. Beberapa tokoh MUI (daerah) melarangnya. Coba anda cari berita-berita di detik.com, anda akan temukan beberapa pro dan kontra film ini. Saya berikan contoh yang kontra saja. Misalnya, PCNU menyatakan bahwa film tersebut mendiskreditkan Islam. Atau MUI Malang yang melarang masyarakat menontonnya. Front Pembela Islam (FPI) juga menilai bahwa film tersebut mengandung kemusyrikan. Mereka bahkan melakukan “sweeping, entah apa makna dari kata sweeping itu sendiri… Tadi sempat juga nonton berita siang di salah satu TV Swasta National. Salah seorang tokoh MUI jawa tengah juga menyatakan pendapat kontranya dengan film tersebut (saya kurang tahu bagaimana pendapatnya, kurang begitu memperhatikan tadi). Bahkan ada anak-anak salah satu sekolah menengah atas di Jawa Tengah yang demo menentang film tersebut. Disebutkan juga bahwa film tersebut terancam untuk ditarik dari peredaran…

Eh, ternyata NASA juga ikut-ikutan ngomong bahwa film 2012 benar-benar salah. Untunglah mereka tidak melarang kita untuk nonton film tersebut.

Hmmm… Sedemikian parahnya kah???

Berikut beberapa hal yang perlu kita cermati baik-baik.

Siapa yang melarang??

Pertanyaan ini penting sekali untuk dijawab. Siapa yang melarang untuk menonton film ini? MUI atau tokoh MUI??? PCNU atau tokoh PCNU? Kalau membaca headline berita, seolah2 yang melarang adalah MUI-nya. Tapi coba anda baca beritanya, maka yg melarang adalah tokohnya… Meskipun jabatannya Ketua atau apapun namanya, selama itu pendapat pribadi, maka legalitasnya tidak ada. Itu hanya pendapat pribadi saja. Dan itulah yang terjadi dalam kasus pelarangan film 2012 ini. Saya rasa, bukan MUI dab NU-nya yg melarang. Hanya tokoh-tokohnya saja. Entah dengan FPI. Lembaga ini pengikutnya kurang intelek soalnya. Jadi apapun kata ustadz-nya, bisa jadi pengikutnya asal percaya saja.

2012 film tentang kiamat??

Yang bener kiamat? Itu hanya bencana alam besar saja koq. Ato lebih singkatnya kita sebut Katastropi. tidak seluruh alam hancur. Malah kalau anda lihat bagian akhir film, benua Afrika tampak tidak banyak mengalami perubahan. artinya benua tersebut relatif “aman”. Jadi ini bukan kiamat. Karena kiamat itu as per definisi adalah hancurnya seluruh bumi… Saya menilainya koq malah mirip seperti Banjir Besar Nabi Nuh ya? Mirip dalam banyak hal… Jadi 2012 sama sekali bukan film tentang kiamat, meskipun di film ada “orang gila” yang menyebutnya sebagai end of the world atau apocalypse (lupa pastinya, gak hafal teksnys soalnya).

2012 Syirik??

Serius Syirik? Mana ada sich film barat yg tidak syirik? Paling film barat itu kalo nggak isinya sex bebas, peceraian, atau bunuh2an. Bahkan yg tergolong film Sains Fiksi sekalipun pasti ada bumbu-bumbunya semacam itu. Itu khan semua melanggar syariat. Dan lebih dari itu, mereka permisif terhadap hal-hal tersebut (khususnya masalah sex / pergaulan bebas). Dan bukannya permisif terhadap pelanggaran syar’ie itu salah satu kesyirikan?

Dan lagi pula, kalau  2012 itu syirik, trus film indonesia yg tentang perpocongan dan perhantuan itu apa nggak jauh lebih syirik??? Dan apakah Mama Loren, Dedi Corbizier, dan segala yg ramal-meramal itu tidak lebih syirik???? Come On. Open Up Your eyes !!! BUKA MATAMU!!! Mama Loren, Dedi Corbuzier, dan segala ramal-ramalan versi Indonesia itu menyesatkan JAUH LEBIH BANYAK orang di Indonesia daripada sekedar film 2012.

Lagian siapa pula yang benar2 percaya tahun 2012 akan kiamat? Hanya orang bodoh saya pikir. Tapi siapa yg percaya pada REG<spasi>RAMAL atau REG<spasi> TANGGAL LAHIR??? Bahkan  orang kota yang berpakaian necis dan mengaku intelek sekalipun bisa jadi banyak yg percaya REG-REG gak jelas itu. Dan boleh jadi banyak juga yg percaya dengan Perpocongan & Perhantuan Ala Layar Lebar Endonesa itu…  Dude, kesyirikan yg dibuat oleh bangsa kita sendiri jauh lebih parah !!!

2012 Salah Total?

Siapa bilang salah total? Ada beberapa konsep yang benar adanya. Misalnya: Tentang Neutrino yang disebut-sebut dalam 2012 sebagai salah satu penyebab memanasnya inti Bumi. Tidak 100% benar sich, tapi Neutrino memang benar2 ada. Dan Matahari kita memang  menghasilkan Neutrino dalam Jumlah Besar!! (Apa itu neutrino?? Mudah-mudahan saya bisa membuat tulisan tentang hal tersebut lain kali).

Dan Yellow Stone National Park??? Di dalamnya memang ada kaldera aktif dan bisa meledak sewaktu-waktu. Kemudian Pembalikan kutub magnetik bumi??? Itu juga memang terjadi setiap rata-rata 250.000 tahun sekali. Terakhir bumi mengalami pembalikan kutub magnetik sekitar 780.000 tahun yang lalu. Dan besar kemungkinan pembalikan itu juga akan terjadi di masa-masa mendatang… Pergeseran Benua??? Itu ada teory-nya juga. Coba anda Googling atau cari di Wiki frase “Continental Drift“. Pasti ketemu teori yang satu ini. Memang sich tidak dalam waktu singkat terjadinya, tapi yang penting teori tentang pergeseran benua itu memang ada.

Jadi dimana letak kesalahannya??? Saya menilainya hanya 2 kesalahan utama. Pertama, saya pikir badai neutrino dari matahari tidak akan memicu bencana alam dahsyat seperti di film 2012. Kedua, setting tahun 2012. Saya rasa hanya untuk menarik perhatian publik saja, dan dipas-paskan dengan Kalendar Suku Maya… Menurut saya, dua hal tersebut lah kesalahan terbesar dari film ini. Selebihnya, banyak hal dan hikmah, sekaligus hiburan yang bisa kita dapat dari film ini.

Reaksi Penolakan dari Masyarakat?

Inilah yang paling tidak masuk akal menurut saya. Dan sangat disayangkan, reaksi ini juga mengait2kan agama… Saya setuju kalau Miyabi dilarang datang ke Indonesia. Tapi film 2012??? Hadduh,,, saya ikut mengurut dada saja dech.

Anyway, saya tetap hormat dengan Ulama-ulama kita tersebut. Mereka mungkin punya pendapat mereka sendiri. Tapi, saya juga punya pendapat sendiri juga. Heheheh…

Sekedar untuk kita pikirkan bersama. Bagaimana Neutrino dihasilkan?? Salah satunya dari Peluruhan Radioaktif… Dan tahukah juga anda apa yang menyebabkan perut bumi kita tetap panas sehingga memungkinkan terjadinya Letusan gunung Berapi dan juga gempa bumi?? Jawabnya juga karena Peluruhan Radioaktif di inti bumi. Dan tahukah anda, peluruhan radioaktif “diatur” oleh semacam interaksi elektro lemah (Electroweak Interaction) di inti atom… Dan akhirnya tahukah Anda, Abdus Salam adalah salah satu pencetus Elektro-Weak Theory? Dia adalah Muslim. Setahu saya, satu-satunya  muslim yang mendapatkan Hadiah Nobel di Bidang Fisika… Tapi sayangnya, dia ikut Sekte Ahmadiyah yang menurut saya sesat.

Jadi tolong,,, Salahkan Juga Abdus Salam yang telah memberikan landasan ilmiah bagi Film 2012!!

Kalau saya punya anak, maka saya akan suruh dia menonton film 2012. Saya akan encourage dia untuk meraih nobel fisika seperti Abdus Salam… Sayang saya belum punya anak.

Jadi, sebelum film 2012 ditarik dari peredaran, sebaiknya anda segera menontonnya!

Comments
  1. rhyne says:

    Aw.. Deddy.. Aku stuju bgt sama kamu.. Orang2 indo koq lebay2 gitu sih.. Padahal pelem2 indo banyak yg jauh lebih parah..
    Yg katanya budaya timur tapi koq pelem2nya lebih ngikut budaya barat..
    Mudah2an keburu nonton tu pelem sebelum ditarik dari peredaran..

    Cheers..

    • deddy rm says:

      Hehehe… Iya lebay. Tp ada manfaatnya juga sich. Yaitu biar kita nggak bosen ama berita Cicak-Buaya terus. Capek gw lihat berita itu doank.😮

  2. orang bodoh says:

    semuanya aja dilarang!! dasar orang munafik!!

  3. 2012 secara cerita film cuma saya nilai 6/10 dan saya terkejut dgn reaksi masyarakat dgn film ini. Secara keseluruhan ini memang film tentang bencana alam genre survival, kisahnya mirip kisah nabi NUh as tentang perahu bahtera

    film kiamat kok afrika masih utuh

    • deddy rm says:

      Khan Judulnya bukan “Apocalypse 2012”. Cuma “2012” aja. Emang bukan film tentang kiamat koq. Jadi salah yg protes donk. Hehehe.

      Wah, pelit amat ngasih nilai cuma 6. Kalo gw ngasih nilai 9 utk efeknya. Kalau dari cerita sich, emang biasa ajah.

  4. Orang Lebay says:

    Memang begitulah adanya Indonesia,begini salah,begitu salah (kata SLANK),
    Semua2 jadi kritik,dasar orang katrok,biarin aja oknum2 MUI itu tinggal dihutan aja,gak usah ikut perkembangan jaman,kenapa sih harus memperdulikan hal seperti ini,urus aja diri sendiri,lagian kalo emang ada negative effect nya ya semua kan tergantung manusia nya,menyerap dengan baik atau gak tu film,gw rasa oknum2 MUI yang menentang film ini termasuk kedalam orang2 yang berpendidikan rendah,dasar goblok!!!

    • deddy rm says:

      Hadduh,Orang lebay. Gak usah lebay gitu lah. Biasa aja, gak perlu emosi… Mereka memandangnya dari sudut pandang yg berbeda dengan kita. Hormati aja. Lagian media juga yg ngegede2in masalah ini… Yang penting tonton tuch film di bioskop. Sebelum beneran dicabut ijinnya. Udah nonton belon?? Hehehe.

  5. a7h3 says:

    menurut gw bos , ntu cuma ngada2 mentang asal mula negara kita i**am jadi mereka menganggap diri mereka paling benar , tanpa pikir panjang , mudah di hasut langsung aja hajar sana sini, kalo ga ada sokongan donatur yangmembuat organisasi mereka bisa terus berjalan mereka ga akan banyak tingkah, pendapat gw pribadi si mereka yang di atas (pimpinan utama) saja yang sirik akan keberhasilan atas hasil karya nya

    • deddy rm says:

      Walah Gan, kalo gw gak berani tuch nuduh2 yg kayak gitu sama mereka. Bagaimana pun dalam hal ilmu agama mereka memiliki kelebihan dibandingkan gw. Jadi gw tetep hormat dengan mereka. Tapi hormat bukan berarti pendapatnya sama lho ya… Lagian, yg melarang2 kayak gitu khan cuma sebagian kecil aja. Dan yg Pusat pun belum ngeluarin komentar apa-apa… Dan gw rasa juga, yg nglarang2 itu pastinya golongan Tua Gan. Yg golongan Muda & Moderat mah biasanya lebih terbuka… Hehehe. Itu pendapat gw Gan.

Leave a Reply

