Gravatar Fallen Angel

Posted: December 19, 2009 in Cipika-Cipiki
Tags: , ,

Pengen mengganti Gravatar diriku dari yang standar bawaan wordpress dengan yang baru… Aku pilih Gravatar ini. Gambar aku dapatkan dari situs ini.

Tapi kalau aku lihat dan pikirkan lagi, koq agak sedikit porno ya Gravatarnya? Atau vulgar kali nyebutnya… Hmmm. Whatever. I just like it!!

Siapakah itu Fallen Angel? Dalam tradisi Kristiani, Fallen Angel adalah malaikat yang diusir dari langit karena melanggar perintah Tuhan. Salah satu tokoh Fallen Angel yg terkenal dalam tradisi kristiani adalah Lucifer. Yang selama ini saya pahami, dia dipercaya sebagai malaikat yang enggan bersujud kepada Adam ketika Tuhan memerintahkan segenap malaikat bersujud padanya. Akan tetapi, saya tidak menemukan sumber biblikal yang menyebutkan pernyataan ini. Jadi, saya tidak bisa menyimpulkan apakah Lucifer diusir dari langit karena enggan bersujud pada Adam ataukah karena hal lainnya. Yang pasti, dalam tradisi Kristiani, dia dipercaya sebagai salah satu malaikat yang melanggar perintah Tuhan, dan karenanya dia diusir dari langit. Untuk gambaran singkat namun padat dan kaya informasi tentang Lucifer, silahkan klik di sini.

Bagaimana dengan pandangan Islam?? Dalam Islam, tidak ada istilah malaikat melanggar perintah Tuhan. Mereka selalu taat patuh pada semua perintah Tuhan. Mereka memiliki akal, mereka “cerdas” (saya gunakan tanda petik karena tidak jelas sebenarnya, apakah semua malaikat adalah sosok personal ataukah bukan)… Yach, mereka memiliki intelegensia dan cerdas, tapi mereka TIDAK MEMILIKI satu hal: FREE WILL atau KEHENDAK BEBAS. Jadi, dalam Islam, bukan malaikat yang enggan bersujud kepada Adam, melainkan Iblis.

Meskipun Iblis pernah menduduki strata / derajat yang sama tingginya dengan malaikat, tapi Iblis bukanlah termasuk “spesies” malaikat. Jadi, tidak ada istilah Fallen Angel dalam Islam. Kalaupun umat kristiani mempercayai bahwa Fallen Angel (Lucifer) sebagai malaikat pembangkang yang enggan bersujud pada Adam, maka dalam Islam ada juga sosok itu. Tapi sosok itu bukanlah malaikat.

Ah, sudah lah. Intinya, kenapa aku gunakan Gravatar ini? Ah itu pun tidak terlalu penting. Hanya suka saja dengan gambar ini. Gambar yang penuh penyesalan. Karena, boleh jadi tiap kita punya penyesalan akan suatu kesalahan. Atau kita punya penyesalan akan suatu tujuan yang gagal tercapai. Atau penyesalan-penyesalan lainnya.

Tokoh ini juga mengingatkan saya bahwa seringkali sikap terlalu kritis malah berakibat buruk. (Dalam kasus Fallen Angel, sang Lucifer enggan bersujud kepada Adam dengan alasan dia lebih mulia dari Adam, atau mungkin alasan dia tidak mau bersujud kepada selain Tuhan)… Bukan berarti kita tidak boleh kritis. Tapi sikap kritis kita harus memiliki dasar yang benar.

Dan yang terakhir: Fallen Angel dulunya adalah makhluk yang mulia. Makhluk dengan banyak keutamaan. Makhluk yang loyalitasnya pada Tuhan belum pernah diragukan. Namun akhirnya ia dicampakkan oleh Tuhan dari langit, dan ia dikeluarkan dari Kelompok Malaikat… And unfortunately, aku merasa memiliki beberapa persamaan dengan sang Fallen Angel ini. Sungguh sangat menyedihkan !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s