Fren MOBI-ku Setelah 7 Bulan

Posted: February 16, 2010 in Cipika-Cipiki, IT & Computer Science
Tags: , , , , ,

Sekitar 7 bulan yang lalu, aku membeli Fren MoBi. Waktu itu agak gambling juga karena Fren MoBi belum begitu terkenal. Malah masih promo. Gamblingnya karena biasanya yang namanya ISP awal-awal masa promonya emang cepet. Tapi biasanya beberapa waktu kemudian performanya turun dan bahkan menjadi sangat lemot. Biasanya… Dan lagi, Fren MoBi yang aku beli sistemnya Injek. Jadi kalau suatu waktu performanya turun drastis, aku gak akan bisa menggantinya dengan kartu lain.

Yach gambling-gamblingan, akhirnya aku beli juga tuch MoBi. Dan hasil hari pertamanya sangat memuaskan. Klik disini untuk melihat performa pada hari pertama.

Sekarang setelah 7 bulan lebih, performanya masih sangat bagus. Pernah minggu kemarin kecepatannya mencapai 2000-an kbps. Sayang waktu itu aku tidak melakukan testnya di speedtest.net sehingga tidak bisa aku screenshot di sini. Yang aku test menggunakan speedtest  .net adalah beberapa saat sebelum posting tulisan ini.

Berikut hasilnya.

Speedtest 1 [Bulan ke-7]

Coba lagi test kedua, ini hasilnya.

Speedtest ke-2 [Bulan ke-7]

Coba Test ketiga.

Speedtest ke-3 [Bulan ke-7]

Speedtest di atas dilakukan pada malam hari sekitar pukul 20.00. Kemungkinan load penggunanya pada jam segitu memang tinggi, sehingga hasil speedtest-nya pun tidak terlalu bagus. Oh ya, senai informasi juga, saya tinggal di Jakarta Selatan, daerah Tebet tepatnya. Kenapa saya sampaikan ini?? Karena seperti ISP berbasis wireless broadband pada umumnya, kecepatan yang dirasakan oleh pengguna sangat bergantung pada kekuatan sinyal yang diterimanya, yang juga artinya sangat bergantung pada lokasi pengguna itu sendir.

Anyway, berbicara mengenai performa ISP, tidak melulu tentang speednya. Melainkan juga stabilitasnya. Yang aku alami, MoBi relatif stabil. Memang ada waktu-waktu dia mengalami gangguan. Misalnya tidak bisa konek. Atau bisa konek namun tidak bisa buat browsing. Sebelum Januari 2010, hal ini jarang sekali terjadi. Paling bisa dihitung dengan jari. Yach, sebulan dua-tiga kali lah. Intinya jarang sekali.

Entah mengapa, januari hingga awal februari kemarin, MoBi mengalami gangguan berat. Sulit konek, kalaupun konek lambat sekali. Pihak MoBi mengatakan bahwa mereka sedang melakukan maintenance sehingga mengganggu beberapa pengguna. Yang aku heran adalah mengapa maintenance itu berlangsung sangat lama?? Aku hitung-hitung sampai 2 minggu lebih. Untunglah sekarang MoBi kembali normal seperti sedia kala.

Demikian laporan dari saya sebagai pengguna setia MoBi selama 7 bulan. Saya masih menggunakannya, dan overall saya cukup puas. Bagi Anda yang mempertimbangkan MoBi sebagai ISP Anda, semoga tulisan ini memberikan masukan buat Anda. Sebenarnya bukan cuma MoBi dari Fren, ada juga ISP Berbasis EVDO seperti SMART. Beberapa teman saya yang menggunakannya mengatakan Smart juga cepat.  Yang agak kurang dari SMART adalah harga perdana Modem-nya yang mencapai 800-an ribu rupiah, sedangkan MoBi hanya 500 rb rupiah.

Oh ya, dan jangan lupakan juga bahwa Teknbologi EVDO juga sudah sampai pada Rev B (Mobi dan Smart saat ini secara komersial masih menggunakan Rev A). EVDO Rev B ini rencananya akan dipasarkan secara komersial oleh SMART di Pulau Bali terlebih dahulu pada akhir quartal pertama tahun 2010 ini… Bagi saya, EVDO Rev A saja sudah cukup untuk tahun-tahun ini. Dengan MoBi berbasis Evdo Rev A saja saya sudah bisa browsing dengan nyaman, download program-program, dokument dan handbook berformat pdf, streaming YouTube dan video atau multimedia content lainnya. Bahkan ketika Quotanya sudah habispun (dan kecepatan turun menjadi 128 kbps untuk paket unlimited 150 ribu), saya masih bisa streaming radio OnLine nyaris tanpa putus-putus. Tentu saja saya harus memilih radio online yang tidak makan bandwidth besar, misalnya yang hanya membutuhkan 32 atau 64 kbps.

Sejauh ini, MoBi cukup bagus [Kecuali pertengahan Januari sampai awal Februari 2010 lalu]. Dan saya sebagai pelanggan merasa cukup puas. Semoga performa dan kualitas MoBi kedepannya tetap terjaga.

Leave a Reply

