Inspirasi dari Indonesia untuk Dunia

Posted: February 25, 2011 in IT & Computer Science
Tags: , , ,

Mungkin sebagian kita sudah tahu tentang beberapa software atau platform di bidang Teknologi Informasi yang menggunakan nama-nama yang bernuansa Indonesia. Di sini saya sekedar ingin berbagi saja. Berikut beberapa software / platform software tersebut. Karena pengetahuan saya yang terbatas dan karena saya sendiri bukan lah orang IT, Anda bisa menambahkan atau pun mengkritik artikel ini.

Java (Platform Software)

Situs resmi: http://www.java.com/en/

Java adalah kumpulan produk software dan spesifikasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Ada yang namanya Bahasa Pemrograman Java yang dengannya program berbasis Java ditulis. Ada yang namanya Platform Java yang dengannya program yang telah ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java bisa dijalankan sebagai aplikasi.

Handphone-handphone berbasis Java sampai saat ini banyak sekali digunakan dan diperjualbelikan. Applikasi-aplikasi berbasis java untuk handphone pun juga banyak didownload dan digunakan. Bahkan Sistem operasi Android HP yang sedang booming saat ini pun membutuhkan Java untuk pengembangan aplikasinya.

Berbicara tentang Java, kita juga mungkin akan teringat dengan Javascript. Javascript merupakan salah satu standard penulisan script website untuk mempercantik tampilan website dan menjadikannya lebih dinamis. Implementasi Javascript ini tidak bergantung pada operating system (windows, linux, MacOS), namun lebih bergantung pada web browser yang digunakan (Misalnya Google Chrome, Opera, Mozilla Fire Fox, Safari, Internet Explorer, dan sebagainya). Karena sifatnya yang independent dari operating system dan lebih bergantung pada Web Browser, kecepatan pengeksekusian sintak Javascipt seringkali menjadi acuan seberapa cepat dan seberapa unggul suatu web browser dibandingkan web browser lainnya. Berikut link benchmark untuk menguji kinerja web browser anda berdasarkan kecepatan eksekusi Javascript-nya. Sejauh yang saya pernah coba, Google Chrome dan Opera adalah yang paling cepat dalam pengeksekusian sintak Javascript.

Dengan demikian, Platform – Bahasa Pemrograman – Aplikasi Java banyak digunakan di PC desktop / Laptop, Perangkat Mobile / HP, Web Browser, dan Server.

Dan nama Java ini sama dengan nama salah satu pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia: Jawa (English: Java).

Batik

Situs Resmi: http://xmlgraphics.apache.org/batik/

Batik adalah Library berbasis Java yang bisa digunakan untuk menampilkan, membuat, dan memanipulasi gambar dengan format SVG. (SVG singkatan dari Scalable Vector Graphics. SVG Merupakan salah satu format gambar. Kalau bingung, format gambar itu contohnya adalah JPG, PNG, BMP, dan sebagainya). SVG merupakan salah satu standard format gambar yang banyak digunakan di Wikipedia dan beberapa website lainnya. Keunggulan SVG dibandingkan JPG adalah gambarnya tidak pecah meskipun dizoom beberapa kali. Berbeda dengan format JPG yang gambarnya akan pecah setelah dizoom beberapa kali. Software Batik ini bisa juga men-transcode format gambar SVG menjadi format PNG, JPEG, dan TIFF. Software ini juga bisa men- transcode format gambar WMF menjadi SVG.

Nama Batik tentu akan mengingatkan kita tentang pakaian yang sering kita pakai ke Kondangan. Ya, Batik adalah salah satu budaya khas Indonesia. Meskipun kain bercorak (bisa juga dikatagorikan sebagai batik) juga bisa ditemukan di beberapa negara seperti Malaysia,  Malaysia, Japan, China, Azerbaijan, India, Sri Lanka, Mesir, Nigeria, dan Senegal, namun Batik Indonesia adalah yang paling istimewa diantara itu semua (setidaknya bagi kita orang Indonesia). Infact, kata Batik sendiri secara etimology berasal dari bahasa Jawa.

 

Sumatra PDF

Situs Resmi: http://blog.kowalczyk.info/software/sumatrapdf/

Sumatra PDF adalah Software PDF Reader yang gratis, open source, dan ringan yang berjalan di Sistem Operasi Windows. Gizmo Freeware menempatkan Sumatra PDF sebagai salah satu software pembaca PDF gratis yang direkomenasikan (Urutan ke-5 dari 5). Memang ini bukan PDF Reader terbaik. Software ini juga sangat miskin fitur. Namun kalau hanya untuk membaca file PDF, Sumatra PDF lumayan juga dijadikan alternative.

Sumatra, seperti kita ketahui, adalah nama salah satu pulau besar di Indonesia.

Sumatra juga nama kota kecil di Florida Amerika Serikat.

Sumatra juga nama salah satu varietas kopi Arabica.

Dan meskipun Developer Software Sumatra ini – Krzysztof Kowalczyk  – menyatakan bahwa nama Sumatra PDF tidak ada kaitannya dengan ketiganya, setiap orang yang mendengar nama Sumatra, pasti akan teringat dengan Pulau Andalas di Indonesia. (atau paling tidak mereka bisa mencari di Internet dan pasti akan menemukan Pulau Sumatra sebagai hasil pencarian yang lebih berbobot dibandingkan dua Sumatra lainnya)

Layar

Situs Resmi: http://www.layar.com/

Layar adalah nama sebuah perusahaan berpusat di Amsterdam Belanda. Perusahaan ini membuat mobile browser  yang bernama Layar. Layar memungkinkan penggunanya untuk melakukan navigasi (mirip seperti google maps), mencari tempat-tempat favorite (restoran, hotel, sekolah, dls) dan aktivitas browsing berbasis lokasi lainnya. Layar saat ini bisa didownload untuk perangkat mobile (HP atau Tablet) berbasis iOS (iPhone, iPad, iPod Touch) dan Android.

Layar tentunya mengingatkan kita dengan salah satu bagian dari perahu. Kata Layar juga sering digunakan dalam bahasa Indonesia untuk menunjukkan tirai pada panggung pertunjukan. Sering juga kata ini digunakan dalam konteks pertunjukan seperti: Layar Kaca, Layar Tancap, dan sebagainya. Meskipun bisa saja Layar diturunkan dari kata Layersyang digunakan di applikasi ini, tapi tetap saja kata Layar tampaknya lebih mungkin berasal dari bahasa Indonesia. Apalagi head quarter Perusahaan Layar berada di Negara Belanda, yang memiliki sejarah panjang dalam hal interaksi (terutama: penjajahan) dengan bangsa Indonesia.

Comodo – Komodo

Situs Resmi: http://www.comodo.com/

Comodo merupakan nama Perusahaan Keamanan Komputer. Produknya meliputi AntiVirus. FireWall, AntiSpam, Internet Security, dan sebagainya. Semua produk keamanan tersebut diberi nama Comodo. Misalnya Comodo FireWall dan Comodo Internet Security.

Salah satu produk Comodo yang saya sukai karena gratis dan bisa diandalkan adalah Comodo FireWall. Gizmo Freeware menjadikan Comodo Firewall sebagai Firewall gratis paling direkomendasikan (peringkat pertama dari 5 rekomendasi).

Comodo juga membuat produk internet Browser bernama Comodo Dragon, sebuah Web Browser yang berbasis pada Browser Chromium.

Dan seperti sudah kita ketahui bersama, Comodo (dalam Bahasa Indonesia: Komodo) adalah nama hewan reptil langka yang memiliki habitat di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Komodo.

Lamborghini Madura

Meskipun tidak terkait dunai IT, saya masukkan juga entri ini.

Nama salah satu varian mobil Lamborghini adalah Lamborghini Madura. Mobil ini direncakan sebagai mobil hybrid pertama keluaran Lamborghini yang akan dirilis pada tahun 2016.

Dan seperti kita tahu, Madura adalah nama Pulau di Indonesia. Pemilihan nama Madura adalah karena Madura terkenal dengan Sapi bibit unggulnya yang digunakan untuk Karapan Sapi.

Saya tidak mengatakan bahwa Industri IT harus membayar royalti kepada (pemerintah) Indonesia atas penggunaan nama-nama itu. Terlalu berlebihan tampaknya. Yang saya ingin sampaikan adalah bahwa sebenarnya banyak hal dari bangsa ini yang bisa memberi inspirasi pada dunia. Dan selayaknya kita bangga akan hal tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s